Sejarah Universitas Cahaya Bangsa

Universitas Cahaya Bangsa adalah sebuah Universitas yang terbentuk, hasil penggabungan antara STIKES Cahaya Bangsa dan STIH Kuala Kapuas dengan nomor SK 857/M/2O2O berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 15 September 2020.

STIKES Cahaya Bangsa adalah perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKTI XI yang beralamat di Jalan Achmad Yani Km 5,5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada tahun 2012, STIKES Cahaya Bangsa pindah ke Jalan Achmad Yani KM 17, dan mendirikan kampus utama dengan program studi Keperawatan, Kesehatan Masyarakat dan Profesi NERS.

Sementara itu, STIH Kuala Kapuas adalah Sekolah Tinggi Ilmu Hukum yang terletak di kota kapuas, dengan program Studi Ilmu Hukum. Setelah manajemen STIH Kuala Kapuas diambil alih oleh Yayasan Cahaya Bangsa, kemudian dilakukan perubahan menjadi Universitas Cahaya Bangsa dengan program studi Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Profesi NERS, Ilmu Hukum, Manajemen dan Teknologi Informasi dibawah naungan Yayasan Cahaya Bangsa yang dipimpin oleh Drs. H. Akhmad Murjani, MKes., SH., MH

Untuk program studi di Universitas Cahaya Bangsa, untuk saat ini sebagian sudah memilih Akreditasi dengan nilai B, dengan rincian sebagai berikut :

1) Kesehatan Masyarakat : Akreditasi B

2) Ilmu Keperawatan : Akreditasi B

3) Profesi NERS : Akreditasi B

4) Ilmu Hukum : Akreditasi C

5) Manajemen : Akreditasi C

6) Teknologi Informasi : Akreditasi C

6
Prodi
2
Prodi Baru
1000
Mahasiswa
3000
Alumni